Thursday, January 20, 2011

Suasana Tahun Baru Imlek di Hong Kong


Tak kan lama lagi perayaan Imlek kan menjelang bagaimana dengan persiapan Anda tahun ini ? Jika Anda berkesempatan berlibur ke Hong kong maka bersiaplah "berpuasa" belanja minimal selama dua hari. Tradisi Hongkong merayakan tahun baru Imlek berbeda dengan masehi. Para pedagang memilih menutup tokonya agar dapat berkumpul bersama keluarga. Selain itu ada tradisi memberi bunga hingga pertengkaran keluarga. Mau tahu apa tradisi warga Hongkong? Berikut ini beberapa tips yang layak anda baca :

  • Pusat Perbelanjaan Tutup, mungkin hanya waktu tahun baru Imlek. Seluruh pusat perbelanjaan dan wisata di Hong Kong tutup terutama saat libur resmi tanggal 14 dan 15 Februari, sementara beberapa toko kecil mengambil libur seminggu penuh. Mereka biasanya meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman dekat. Hong Kong akan nampak seperti kota mati.
  • Namun jangan bingung, karena bar dan klub tetap buka dan sibuk melayani turis serta pebisnis expatriat, sedangkan di pusat kota hanya tersedia makanan prasmanan untuk kalangan atas. Yang perlu anda waspadai juga, ketika Imlek tiba banyak orang Cina mudik pulang kampung. Jadi, jangan harap dapat tiket pesawat ataupun tempat duduk di kereta dan bis jika tidak memesan jauh hari.
  • Hong Kong berubah menjadi Kota Bunga. Selain jutaan kilauan warna lampu neon serta pita merah menghiasi, rangkaian bunga juga akan mewarnai kota Hongkong. Bunga adalah lambang keberuntungan dan diberikan saat mengunjungi sanak keluarga untuk menyantap hidangan ayam dan ikan tahun baru.
  • Mengunjungi Kuil. Saat perayaan tahun baru, warga Hong kong beserta keluarga umumnya datang ke kuil. Seraya berdoa dan berharap, Dewa memeberi keberuntungan untuk tahun depan. Ada baiknya, jika melihat upacara di kuil Anda tidak memotret mereka karena akan menggangu.
  • Memberikan Ang Pao. Tahun baru Imlek berarti para pekerja biasanya mendapatkan hadiah yang dimasukkan kedalam amplop berwarna merah dan emas. Di Indonesia diistilahkan dengan Ang Pao sedang di Hong Kong disebut Lai See. Jika Anda tinggal di hotel dalam waktu lama atau sering makan di restaurant, biasanya anda disodorkan Lai See kosong untuk diisi dan diserahkan untuk mereka.
  • Bercekcok dengan keluarga. Setelah hari libur ketiga Imlek, bukanlah hari bertemu dengan keluarga mertua. Jika warga Hong Kong menemui mertua di hari tersebut maka akan dihadiahi percekcokan, hari ini terkenal dengan hari argumen dan pertengkaran.(situs:gohongkong.about.com/AYB)


Sumber : http://gayahidup.liputan6.com (Diambil dari blog situs go Hong Kong)
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih dalam daftar Hadiah Imlek Anda.

No comments:

Post a Comment